What does Exist on This:

Minggu, 28 Mei 2017

Jelajah Rasa Di Jejamuran

Sudah lama gak nulis, akhirnya aku kembali dengan cerita yang seru. Sabtu kemarin aku baru aja pulang liburan ke Jogja. So, gak hanya tempat wisatanya aja yang aku kunjungi, tapi aku juga mencicipi makanan unik di restoran yang cukup terkenal di Jogja. Yaitu "Jejamuran".  

Buat kalian yang mengaku vegetarian dan mau mencoba varian menu veggie yang baru, kalian harus datang ke Jogja ya teman foodies. Karena aku nemuin menu-menu olahan jamur yang rasanya menyerupai daging. Restoran "Jejamuran" ini berada di daerah Sleman, Yogyakarta. Tepatnya di jalan Pramuka nomor 53. Waktu yang perlu kalian tempuh dari kota Yogyakarta sekitar tiga puluh menit. Nah waktu aku sampai di sana, aku gak nyangka kalau ternyata restoran ini besar dan bergenre family resto. Karena yang sempat terfikirkan ya resto ini sama seperti restoran nongkrong anak-anak muda aja. 
Begitu datang kita akan disambut oleh pelayan yang ramah dan langsung memberikan kita nomor meja yang sesuai dengan kuantitas pengunjung. Dan dari deretan menu di buku menu, aku akhirnya memutuskan untuk memesan sepiring nasi putih, jamur portabello asam manis, rendang jamur dan es dawet jamur. Tidak sampai lima belas menit, pesanan aku langsung tersaji. 


Kita mulai ya review dari menu jamur portabello asam manis. Jenis jamur yang dipakai di sini yaitu jamur portabello, sejenis jamur kancing namun ukurannya lebih besar. Bentuk masakan ini yaitu si jamur portabello ini digoreng berbalur tepung krispi dan disajikan dengan saus asam manis plus potongan nanas. Hemm seger. Nah rasa menu ini juga gak kalah dengan tampilannya. Jamurnya krispi di luar dan tekstur jamur di dalamnya tetap kenyal dan yang penting sudah gak bau jamur ya teman foodies. Saus asam manisnya sendiri seger banget karena ada irisan nanas, gurih dan maknyuss. Kata pertama yang keluar dari mulut aku pas nyobain menu ini adalah rasanya mirip gurame pedas manis atau ayam popcorn pedas manis. Untuk mencicipi seporsi menu ini kalian hanya perlu membayar sebesar 17.000 rupiah. Murah kan teman foodies!

Lalu, menu kedua yang aku pesan adalah rendang jamur. Jenis jamur yang dipakai di sini yaitu jamur kancing. Seperti namanya rendang jamur, jamur di menu ini direndang dengan santan tentunya sampai menghasilkan warna hitam kecoklatan. Rasa jamurnya sewaktu aku makan empuk dan persis seperti rendang daging. Tapi yang aku salut tekstur jamur kancingnya gak hancur padahal kan kalau direndang itu harus melewati tahap pengeringan santan yang berjam-jam. Cita rasa rendang kancing ini kaya rempah-rempah, gak keasinan dan seperti memakan daging. Hehe. Untuk mencicipi menu ini kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar 18.000 rupiah.
 Dua menu di atas pas banget dimakan pakai nasi hangat. Yang aku favoritin di resto ini juga nasi putihnya yang diberi taburan bawang goreng di atasnya. Enak banget nasinya, rasanya juga gak main dulu-duluan sama kedua menu di atas.

Dan untuk minumannya aku pesan es dawet jamur. Seperti namanya dawet yang ada di minuman ini terbuat dari jamur kuping. Tekstur dawetnya lembut tapi di akhir kunyahan terasa kenyal-kenyal jamur. Saat dawetnya dipadukan dengan santan dan air gula jawa, seger sekali teman foodies. Rasa air gula jawanya gak kemanisan dan gak bikin sait tenggorokan. Pokoknya aku suka banget sama es dawet jamur di sini. Untuk nyobain es dawet jamur ini kalian hanya perlu membayar sebesar 12.000 rupiah saja loh.
 Interior restoran ini kumplit sekali. Karena bergenre family resto, restoran ini nyaman sekali untuk membawa anak-anak. Ada juga spot foto sekaligus memperkenalkan jenis-jenis jamur di restoran ini. Di bagian belakang restoran juga ada air terjun kecil yang cocok juga untuk spot foto. Di restoran ini juga menjual aneka oleh-oleh berbahan dasar jamur. Seperti brownies jamur dan keripik jamur. Tapi untuk budi daya jamurnya sendiri terletak satu kilometer dari restoran.
Selain dua menu makanan yang aku pesan di atas, masih ada menu-menu lainnya berbahan dasar jamur yang gak kalah menarik seperti sate jamur, tongseng jamur, lumpia jamur dan wedang jejamuran.
Aku saranin kalau kalian mau makan enak, sehat dan murah meriah kalian harus datang ke restoran ini.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar